Sunday, November 13, 2016

Cara Termudah Membuat Search pada Blogger bukan bawaan!

Cara Termudah Membuat Search pada Blogger bukan bawaan!



Buat blog tapi ngga ada fasilitas search itu kayak kacamata ngga ada lensanya. Iya lho beneran.... kalau mau cari apa-apa tanpa search kan bakalan kabur dan bingung, sama kayak orang mata minus pake kacamata ga ada lensanya.. ya kabur ga jelas. Karena itu supaya blog kita lebih "jelas" dan menarik, maka search wajib untuk dihadirkan jadi yaaa.... pengunjung kalau udah bosan bisa mainan search buat iseng-iseng hehehe. Btw... berikutnya dibawah ini akan ane ajarin Cara Termudah Membuat Search pada Blogger.

Blogger sebenernya udah nyediakan search bawaan mereka dan tinggal pasang aja di widget, hanya saja itu search kurang manis menurut ane karena dimunculkan layaknya mesin pencari google, jadi kalau menurut ane ya... kurang original lah untuk blog. Cara Termudah Membuat Search pada Blogger yang akan ane bahas ini bukan dengan bawaan blogger tapi cukup pake kode-kode simpel aja yang jumlahnya cuman beberapa baris.

Kalau mau lihat gimana contohnya "Search" yang akan dibuat, bisa lihat di gambar atas atau di blog ini. Simpelkan? Tapi sangat bermanfaat lho jangan salah... hehehe. Oke langsung disimak aja tutorialnya dibawah ini.

Pertama,
Add Widget baru pada blogger, terserah ente mau dipasang dimana ini search.

Kedua, 
Masukkan kode dibawah ini.
= = = Kode = = =
<form action=/search method=get> 
<input class=textinput name=q placeholder=Cari disini dan Tekan ENTER..... size=24 type=text/> 
</form>

Tulisan Merah Cari disini dan Tekan ENTER.... adalah tulisan yang muncul pada kotak
Tulisan Orange 24 adalah size kotak searchnya

Ketiga,
Save dan Lihat hasilnya pada blog anda

Selesai!
Ane udah nyoba Cara Termudah Membuat Search pada Blogger ini dan terbukti berhasil, kalau ente udah nyoba tapi belum berhasil... berarti ente lupa doa waktu membuatnya gaaaan.


Available link for download